Kekurangan Vitamin D dapat Menyebabkan Asma

 On Selasa, 15 November 2016  


Vitamin D yang identik dengan kesehatan tulang dan gigi ternyata terkait dengan penyakit asma. Studi terbaru menemukan, kekurangan vitamin D juga memicu penyakit asma.

Hasil analisis menunjukkan bahwa anak-anak yang kekurangan vitamin D berisiko 1,35 kali lebih tinggi terkena asma dibanding mereka yang memiliki vitamin D cukup.

Sedangkan orang dewasa yang kekurangan vitamin D memang tidak mengalami peningkatan risiko terkena asma, tetapi mereka cenderung mengalami mengi (suara napas abnormal yang terdengar seperti siulan).

Kesimpulan ini berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap 25.000 orang dewasa berusia 18-79 tahun dan lebih dari 9.700 anak-anak usia 6-17 tahun. Para partisipan menjalani tes untuk mengukur tingkat vitamin D dalam darah mereka dan diperiksa apakah menderita asma.

Alasan tepat dibalik hubungan ini belum jelas, tetapi kemungkinan vitamin D menurunkan tingkat inflamasi pada tubuh. Kemungkinan lainnya, vitamin D dapat meningkatkan respon tubuh seseorang terhadap obat asma.

Penemuan ini mendukung penelitian-penelitian sebelumnya yang menemukan hubungan antara tingkat vitamin D dan asma. Beberapa studi telah menemukan bahwa anak dari ibu yang mengkonsumsi sejumlah besar vitamin D selama masa kehamilan memiliki risiko asma yang lebih rendah dibanding anak dari ibu yang mengkonsumsi sedikit vitamin D.

Meski demikian, penting untuk diingat bahwa studi ini tidak dapat membuktikan bahwa kadar vitamin D rendah dapat menyebabkan asma. Oleh sebab itu, vitamin D tidak dapat digunakan sebagai pengganti obat asma. Untuk mencegah asma yang menderita seseorang sebenarnya bisa dengan cara yang mudah dan simpel yaitu dengan menggunakan kalung kesehatan Al Muslim saja.
Kekurangan Vitamin D dapat Menyebabkan Asma 4.5 5 Nurdian Selasa, 15 November 2016 Vitamin D yang identik dengan kesehatan tulang dan gigi ternyata terkait dengan penyakit asma. Studi terbaru menemukan, kekurangan vitamin D juga memicu penyakit asma. Vitamin D yang identik dengan kesehatan tulang dan gigi ternyata terkait dengan penyakit asma. Studi terbaru menemukan, kekurangan vitami...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.