Penting Mengecek 5 Peralatan Dapur Ini Sebelum Puasa

 On Selasa, 31 Mei 2016  

Meskipun tampak sepele, pisau yang tumpul dan kompor yang tak bagus nyala apinya akan menghambat kegiatan memasak. Karenanya cek dulu jauh hari sebelum puasa.

Bulan puasa segera tiba. Semua kegiatan akan banyak terpusat di dapur untuk persiapan makanan sahur dan buka keluarga. Agar tak buang waktu dan semua peralatan di dapur berfungsi maksimal, luangkan waktu untuk mengeceknya. Berikut ini 5 peralatan masak yang penting untuk dicek.

1.Pisau
Pastikan semua pisau yang ada di dapur cukup tajam dan layak pakai. Gagangnya masih terikat kuat dengan mata pisau. Alat terpenting ini akan sangat membantu untuk merajang, mencincang dan mengiris. Jika ada siapkan pisau golok untuk memotong daging dan pisau serbaguna untuk mengupas sayuran dan buah. Serta peeler, pisau pengupas kentang dan wortel.

Pisau yang tumpul membuat pekerjaan jadi tambah lama. Gunakan pengasah pisau Shogun Knife Sharpener untuk menajamkan mata pisau. Jika perlu, belilah pisau serbaguna baru seperti Homzace Super Slicer.

2.Panci dan wajan
Mungkin banyak wajan dan panci di rumah tanpa jelas ketahuan kondisinya. Periksalah satu persatu. Apakah pegangannya masih rekat dengan baik? Apakah lapisan antilengketnya masih utuh, belum tergores? Minimal sediakan 2 panci berukuran sedang dan kecil. Juga 2 wajan berukuran sedang dan kecil serta satu wajan penggorengan (wok).

3.Kompor
Jika memakai kompor gas dengan tungku sebaiknya cek kondisi tungkunya. Lempengan penutup tungku dan gerigi di tungku sering tertutup kotoran. Cuci dan sikat dengan sikat lembut dan bilas lalu keringkan. Jika tungku tersumbat nyala api akan merah dan tidak merata yang membuat masakan jadi lama matang. Kalau ingin praktis bisa memanggil tukang servis kompor sekaligus oven. Lap dan bersihkan kotoran badan kompor agar lebih bersih dan bebas noda minyak.

4.Rice cooker
Alat ini yang paling jadi andalan saat puasa. Mungkin sudah sangat lama Anda tak mengecek keadaannya. Cek apakah wadah nasinya masih terlapisi antilengket dengan baik? Jika sudah banyak goresan dan terkelupas sebaiknya ganti dengan yang baru. Karena rice cooker sudah tidak bisa maksimal mematangkan nasi. Nasi akan cepat basi karena panas tak merata. Jika keadaan masih baik, lepaskan lapisan pada tutupnya.

5. Blender dan juicer
Kedua alat ini sering jadi andalan untuk meracik jus buah segar saat berbuka dan sahur. Jika Anda juga memakai blender untuk menghaluskan bumbu, sebaiknya gunakan blender yang berbeda. Karena aroma bumbu sangat lekat pada mangkuk blneder. Cek apakah tutup masih bisa rapat jika diulir. Juga karet di bagian bawah, apakah masih lekat dengan baik. Jika karet sudah keras dan retak sebaiknya ganti dengan yang baru.
Penting Mengecek 5 Peralatan Dapur Ini Sebelum Puasa 4.5 5 Nurdian Selasa, 31 Mei 2016 Bulan puasa segera tiba. Semua kegiatan akan banyak terpusat di dapur untuk persiapan makanan sahur dan buka keluarga. Agar tak buang waktu dan semua peralatan di dapur berfungsi maksimal, luangkan waktu untuk mengeceknya. Berikut ini 5 peralatan masak yang penting untuk dicek. Meskipun tampak sepele, pisau yang tumpul dan kompor yang tak bagus nyala apinya akan menghambat kegiatan memasak. Karenanya cek dulu jauh...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.